Total Tayangan Halaman

Minggu, 28 Agustus 2016

Pendakian Ke Gunung Prau Via patak banteng

WACANA
               rencana awal agustus niatnya mau mendaki gunung slamet, tapi karena alasan waktu, budget, dan kondisi kesehatan yang kurang memadai akhirnya menerima ajakan sepupu gua, dia liat postingan gua di ig @Chakaais, waktu ke prau september tahun lalu, dan dia lagi pengen banget naik gunung katanya, akhirnya rencana berubah, yang tadinya slamet akhirnya ke prau "lagi" buat gua dan first untuk temen2 gua termasuk sepupu gua, oke banyak bicara jadilah kita berangkat 6 orang, gua, tari (sepupu gua), tjoko, kempot, capung, sama bang mulyadi (temen kantor tjoko), ini kedua kalinya bang mulyadi mendaki bareng gua, yang pertama ke cikuray dan pantai santolo garut, itupun gagal muncak karena badai syahrini menerjang kita hahahaha, fokus ke prau, kita tentuin tanggal dan dapet 6-8 Agustus 2016, oke .

RENCANA
                kita tentuin transportasi kesananya kita pake kendaraan pribadi alias sewa, untung gua punya temen orang wonosobo yang mau membantu perjalanan kita, biaya Rp 500.000. untuk semuanya dari mulai, logistik, makan, homestay, ngopi2 di warkop dll, pokonya segitu bersih tinggal bawa diri aja, kecuali yang mau beli oleh2 beli dewek ya gayes hahaha, gua kira udah fix ternyata CAPUNG GUGUR, oke gak masalah enak jadinya mobilnya lega, karena emang perjalanan lumayan jauh, rencana tanggal 6 Agustus hari sabtu tepatnya kumpul di rumah gua jam 9 malem, kita jalan malem minggu, dan mulai mendaki esok harinya atau hari minggunya,
              kita mendaki via PATAK BANTENG, karena lewat dieng terlalu jauh, dan gak pernah ada yang tau lewat dieng alias buta jalan hahaha, karena tahun kemaren gua mendaki lewat PATAK BANTENG juga, karena lebih singkat dan lebih dekat basecampnya dari homestay kita, NGARETTTTTTT....... ternyata sopirnya lagi makan di restoran sue banget hahaha, akhirnya kita jalan dari ciputat, masuk via Tol bintaro, lewat Cipali dan keluar di brebes, gak kerasa di bawa tidur, dari bintaro jam 12 malem keluar tol cipali sekitar jam 4 pagi, waww gece uga nich supir hahaha, oke perjalanan masih 3-4 jam lagi dari keluar tol cipali menuju homestay alias rumah si sopir itu sendiri jam  08.30 pagi kita sampai dirumahnya, rumahnya tepat di lereng gunung sindoro, di desa sendangsari, kalo gak salah ya ,
             oke prepare repacking keril, mandi sarapan, selonjoran, ngopi, ngeroko, oke jam 11.30 siang, langsung cabut ke desa PATAK BANTENG basecamp gunung prau, katanya cuma 30 menitan dari rumahnya ke PATAK BANTENG, alamakkkkk.... macet total bro perjalanan ngaret hampir 2 jam karena emang hari minggu tepat hari terakhir " DIENG CULTURE FESTIVAL " dan hari jatuh pada hari libur jadi macet paraaaaah brooo ahahhaha, tapi gak bikin bosen karena pemandanganya emang ajib banget bikin mata melek terus, oke sampe di Basecamp PATAK BANTENG sekitar jam 13.00 waw tengah hari bentet aja dingin broo asoooy hahahah basecamp itu rame banget pendaki yang abis pada turun, jarang banget yang hari itu pada naik, hampr 80% turun semua, sisanya naik termasuk gua berlima hahaha .

PENDAKIAN
               Sebelumnya kita registrasi dulu di basecamp biaya Rp 10.000, masih tetap sama ketika gua naik tahun lalu hahahha, oke setelah regis kita prepare ulang beli air mineral yang banyak semaksimal mungkinlah karena emang TIDAK ADA SUMBER AIR DI GUNUNG PRAU, start pendakian mulai jam 14.00, oke berdoa poto2 langsung cabut.
               bismillah.perjalanan di mulai dari melewati rumah warga nemu anak tangga asooy nih mayan bikin ngos2an ada sekitar 50an anak tangga, terus lewatin ladang warga setengah jam jalan sampai di pos 1 SIKUT DEWO trek masih wajar dan bersahabat, lewatin pos 1 jalan mulai agak menanjak tapi bagi gua ini masih bersahabat banget, di perjalanan dari pos 1 ke pos 2 masih banyak warung2 berdiri, cukup membantu juga sih, sekitar 45 menitan dari pos 1 sampai di pos 2  CANGGAL WALANGAN, disini kita istirahat sekitar 30 menitan, ada yang ngenyotin madu, ada yang gelar matras terus bobo cantik, ada yang telfon mamahnya, ada yang bales bbm temennya, ada yang foto2 juga hahaha karena emang di pos 2 ini masih ada sinyal internet ya, setengah jam istirahat,
              langsung kita melanjutkan perjalanan ke pos 3, perjalanan dari pos 2 ke pos 3, warbyasah menanjaknya tak ada landai acan2 pisan, jalur kepala ketemu dengkul terus, tidak recomendded buat pemula dah pokoknya hahaha, tanah lembab semakin memacu adrenaline nih menjadi sedikit agak licin, karena emang kita katanya dateng di musim ujan, perjalanan agak berat disini menyebabkan kita banyak istirahat, 1 jam lebih kita akhirnya sampai di pos 3 CACINGAN, trek yang bikin cacing kremi bergejolak dan menjadi cacingan LOH ahahhaha, istirahat dulu ngelemesin betis yang udah mulai kenceng hahaha, dari pos 3 ke puncak jalan nya yang paling parah kanan kiri adalah jurang curam banget pokonya pas naik jangan pernah liat ke belakang atau samping kanan-kiri bikin bulu kuduk merinding sih ahhaha fokus kedepan jalan menanjak, jangan fokus masa lalu, apalagi masa depan, suram broo hahhaa, dari pos 3 kira2 45 menitan sampai juga di tempat yang namanya bukit teletubies keren emang udah hijau banget, tahun lalu dateng musim panas gila debu nya nutupin kaki ,
             sampai puncak langsung di sambut kabut dingin parah, langsung nyari spot untuk camping, yolo ini yang di tunggu camping ceria ala orang2 gila hahaha, camping masak, ada yang ganti baju, ada yang poto2, dan gua langsung tidur berharap segar pas menyambut sunrise, dan ternyata ngga dapet sunrise, dari pagi sampai siang kabut terus sempat juga hujan lokal tapi cuma lewat aja, matahari terlihat ketika sudah jam 8 an waw udah siang sekali hahaha, parah parahh tapi emang tidak akan membosankan untuk dateng ke gunung prau ini nagih dah pokoknya hahahay,
jam 9 prepare, jam 10 pagi langsung turun lagi lewat patak banteng lagi,

TURUN GUNUNG
              trek pas turun lebih mendebarkan karena depan trek persis jurang yang sangat curam ngerii pokoknya trek basah lagi aduuh makin merinding  aja, tapi tutun ini emang jadi sangat cepat jarang istirahat jam 11.30 sampe di basecamp dengan selamat, alhamdulliah banget, langung ngopi, ngemil, mandi dll. tepat jam 12.00 kita caburt dari basecamp,
              niatnya mau ke dieng dulu tapi karena waktu mepet banget udah gitu ujan lagi, bikin bete dah, hahaha , kita ngga langsung pulang ya karena di tempat kita homestay ke,aren sopir udah siapin makanan banyak bgt, enak makananya jadi kangen pengen makan disitu lagi, istirahat sebentar ya jam 15.00 kita langsung cabut ke jakarta di temanai hujan lebat banget sampe masuk tol cipali ujan berenti, tepat pukul 24.00 kita keluar tol bintaro dan sampe rumah langsung selonjoran besok kerja pagi hahaha berasa di kejar waktu banget ya hahaha, oke selesai sampe sini aja perjalanan gua naik gunung prau yang kedua kali . maksih banget temen-temen semua aku bahagia hahahah .