Total Tayangan Halaman

Gunung Gede Via Cibodas - Cibodas

GUNUNG GEDE-PANGRANGO VIA CIBODAS

WACANA

Oke fix ada 8 orang yang ikut gua, tjoko, capung, tantyo, ouki, zaid, bang ridwan, givin, buka web tnggp zaid sebagai ketua pendakian, kita pilih tgl pendakian 27-28 desember 2015, kenapa? Karena sabtu minggu penuh kita ambil minggu senin dan mengharuskan yang lain ngambil cuti atau bolos kerja hari seninnya hahaha,
oiya kita bokingnya itu sekitar pertengahan november dari jauh2 hari, karena kalau udah mepet bakalan susah kecuali pake calo alias hargnya bisa 3x lipat, pengalaman pertama naik gunung gede begini kita pilih jalur cibodas turun cibodas lagi, alasannya via gunung putri full sampe akhir desember, karena akhir tahun TNNGP tutup untuk pendakian, jadi satu-satunya cara adalah naik cibodas turun cibodas lagi ,

RENCANA
     menjelang hari h tepatnya 1 minggu sebelum tanggal pendakian seperti biasa kita kumpul di sevel deket kampus stan, kita emang biasa ngumpul disitu kalo ada rencana pendakian, oke kita menentukan perjalanan dengan menggunakan kendaraan motor dari ciputat-cibodas, dan..dan... ternyata ada 1 orang yang gugur karena gak dapet izin dari orang tua yaitu "GIVIN" lagi-lagi dia, emang givin tuh cuma boleh ke gunung munara sama gunung batu jonggol aja hahaha, oke balik ke menjelang hari h,
kita ptpt logistik 1 0rg 150rb, mahal banget emang karena disitu posisi kita cuma punya 1 tenda ukuran 4 org dan 2 kompor, buat 8 org jadi ptpt beli nesting, lampu solar, flysheet, sewa tenda dan habis sekitar 500rb kurang lebih, sisanya untuk logistik makanan, seperti beras, lauk pauk, dan gas mini, okee cukup biaya 150 udah include tiket masuk TNGGP kalau gak salah 32.500 waktu itu, oke hari h 26 desember 2015 kumpul dirumah gua di ciputat, sembari repacking buat naik motor supaya gak terlalu berat,
givin gugur jadi gua naik motor sendiri dari ciputat-cibodas dengan keril 60 liter gua omaygat hahhahaha, rencananya kita jalan jam 9 malam, malem minggu nya supaya sampai cibodas bisa langsung istirahat dan memulai pendakian paginya .

PENDAKIAN

kita start pendakian jam 6 pagi dari cibodas menuju surganya gunung gede, alun alun suryakencana, kenapa gak camp di kandang badak?, namanya orang ngidam susah hahahha, oke kita serahin persyaratan kita di pos TNGGP cibodas, setelah semua selesai kita prepare buat doa, ada yang streching biar gak kaku hhehehehe, karena semuanya pemula jadi takut kenapa-kenapa aja kalo gak pemanansan,

start pendakian minggu 27 desember 2015 pukul 06.15 WIB, di awali jalan yang rindang dan landai masih recomended buat pemula, kira kira 1 jam jalan sampai di pos pertigaan antara wisata curug cibeurem dengan pendakian gunung gede-pangrango, kalo curug kanan aja kalo pendakian kita ambil kiri, oke jalur setapak batu ini mulai menunjukan taji nya jalur tidak lagi landai, tidak recomended buat pemula seperti saya hahahha, setelah pos pertigaan 1 jam perjalanan sampai di pos rawa denok 2, sebenernya ada rawa denok 1 tapi dipastikan kami masih bisa melanjutkan sampai rawa denok 2, 15 menit istirahat kami bersiap melakukan perjalanan lagi, jalan tetap menanjak agak terjal hampir tidak ada bonus di pos ini sampai di pos batu kukus 3 tapi trek masih normal, perjalanan hampir 1.5 jam dari rawa denok 2 ke bate kukus 3, kita memutuskan istirahat lagi di pos batu kukus 3, agak lama sekitar 30 menitan ada yang tidur, ada yang ngeteh dll,

kandang badak im sleep hahaha
selfie dulu guys
setelah itu kita kembali berjalan dari batu kukus 3 ke kandang badak banyak bonus dan trek masih normal yang paling ngeri sih lewat air panas dagddigdug hati ini hahahha perjalanan dari batu kukus 3 sampai kandang badak kurang lebih 2,5 jam ya, kita juga banyak istirahat di tempat-tempat lapang, maklum pendaki cepat lemas, gabisa liat lahan lapang dikit langsung selonjoran hahahaha .

sebelum dzuhur jam 11,30 WIB sampai di kandang badak, istirahat agak lama 1 jam lebih, ada yang solat ada yang tidur,

bobo cantik dulu cyin hahhaha
ada yang gadoin mie instan (ridak disarankan untuk pendaki), tepat pukul 12,35 WIB, perjalanan menuju puncak gunung gede di mulai, treknya  itu amazing bgt hahahahahaha tidak recomended buat pemula deh pokoknya hahhaa, 1 jam jalan sampai di tanjakan setan, karena saat itu banyak pendaki yang pengen turun alias ngantri kaya pembagian sembako, jadi kami memutuskan lewat jalan pintas, setelah tanjakan setan pendakian sesungguhnya di mulai, kalo menurut gua pribadi ini trek paling gurih, karena emang full kening ketemu mata kaki, bukan inget kening mantan hahaha,
kebayang gak tuh gua ditinggal karena keseringan istirahat hampir 3 jam menghabiskan waktu di tanjakan ini hahaha 5 langkah jalan 5 menit istirahat hahaha maklum kebanyakan nampung lemak jadi berat, jam 16,30 WIB sampai di puncak gede, langsung makan nasi uduk, dan kalian harus tau sampai di puncak gede kita gak foto-foto, sombongkan kita cuma lewat aja di puncak gunung gede,

suryakencana aku sampai

welcome gayes
kita memutuskan untuk langsung turun ke suryakencana, ya namanya orang ngidam susah dah hahaha, ngidam ama bego beda-beda tipis sih emang haha, 1 jam berikutnya sampai di suryakencana langsung bangunin tenda, bukan bangunin mantan yang udah meninggal karena di tabrak ojeg payung, oke fokus gayes, setelah bangunin tenda, pasang flysheet, udah ngopi, nyusu, makan enak, dll, langung tidur sampe sunrise pengen dateng,
kukuruyuk..kukuruyuk...mana ada ayam di gunung gak pake jaket bisa hipo dia hahha, dan terbangun gara-gara sebelah ngorok kedengeran sampe jarak 5 km hahaha, bangun jam 3 pagi, masak-masak lagi sebelum summit,
summit 1

summit 2

summit 3

ternyata yang sanggup summit cuma 3 orang, zaid, tjoko, sama bang ridwan, sebenernya capung juga pengen summit tapi dia kedinginan hahahaha, gua, ouki, tantyo, dan capung akhirnya memutuskan untuk tetap berada di tenda karena kelelahan dan tantyo kedinginan hebat jadi nemenin dia di dalam tenda, lanjut tidur sampe terang lagi hahaha .

BACK TO HOME
RAUT BAHAGIA WAJAH LUGU KITA HAAHHA

dan kita packing mulai dari 28 desember 2015 pukul 09.00 WIB, jam 10.00 WIB packing kelar kita langsung summit lagi (2) hahaha, karena pulang lewat jalur cibodas kita summit lagi, sebagai pendaki yang baik kita harus mengikuti aturan yang ada bukannya sok kuat apalagi sok tau apalagi shock breaker hahaha, kita emang sebenernya ingin melakukan hal yang berbeda dari yang lain ya,hahhaha bukan gitu juga sih tapi emang dapet waktu pendakiannya begitu karena gunung gede pakai pembatasan kuota jadi kita harus siap ikutin aturan yang ada, kembali ke summit,
kiranya 45 menit sampai di puncak gede dari suryakencana, kita foto-foto dulu coy,
 udah gak sebagus saat sunrise, tapi tetep indah banget coy gunung gede itu emang bikin pengen nyeburin mantan ke kawahnya *loh hahhaaha,

oke lama di puncak gunung gede sekitar 1,5 jam buat foto2 tulisan yang di request banyak orang, jam 12.30 WIB, kita urun via cibodas lagi, sebelum turun kita mandi dulu di air panas dekat camp kandang batu, mantep deh berendem disitu badan langsung seger, kalo turn jangan di tanya gua selalu paling depan hahhaha jam 17.00 WIB gua udah sampe di pos TNNGP, buat konfirmasi ulang sambil nunggu temen gua yang ketinggalan ,
istirahat dulu di parkiran depan kantor TNGGP ada yang mandi, ada yang packing ulang sebelum pulang, ada yang belanja, ada yang masak, ada yang beli cilok, ada yang beli gemblong, setelah solat isya, kita doa dan langsung cabut kerumah masing-masing , gua jam 11 sampe rumah, itu ditinggal karena gua naik motor sendiri (2) lagi (3) jomblo banget ya, kali dapet jodoh nih setelah posting artikel ini hahaahahahah, gua istirahat sendiri (3) di daerah parung buat ngopi ama makan roti bentar, kaya orang bego ke warkop bawa-bawa keril hahahaha . sip .

kekurangan dan kelebihan naik via cibodas-cibodas adalah sebagai berikut :

kekurangan :
- jarak menjadi jauh bila tujuannya adalah camp di suryakencana
- estimasi waktu menjadi lebih lama
- jarang ada orang yang mendaki via cibodas-cibodas
- sekurangnya tambahin sendiri

kelebihannya :
- recomended kalo camp di kandang badak
- pemandangannya sangat eksotis
- adrenaline terpacu saat lewat air panas
- banyak pos pos berdiri
- trek masih di rekomendasikan buat pemula sampai kandang badak
- sumber air sangat melimpah
- selebihnya tambahin sendiri .